5 Tips Efektif Cara Membuat Situs Web Responsif

5 Tips Efektif Cara Membuat Situs Web Responsif

Apa itu desain responsif?

Untuk situs web modern, pengalaman pengguna yang menyenangkan berpusat pada desain responsif . Lima belas tahun yang lalu, semua orang menjelajahi web menggunakan komputer desktop dengan monitor, tetapi sekarang ada lebih banyak pilihan.

Tujuan dari desain responsif adalah untuk membuat pengalaman pengguna sebaik mungkin di seluruh perangkat tersebut, meskipun desainnya mungkin terlihat sedikit berbeda. Misalnya, Anda dapat menyajikan informasi dalam satu kolom di smartphone dan dua kolom di laptop, tetapi branding dan konten akan tetap sama persis.

Desain responsif menjanjikan scrolling, panning, zooming yang minimal, dan — yang paling penting — kebingungan. Itu membuat pengalaman menyenangkan bagi semua orang, apa pun perangkat yang mereka gunakan untuk melihat situs Anda.

Anda ingin situs web Anda terlihat sama bagusnya pada layar smartphone 4 inci seperti pada laptop 17 inci. Itulah yang dapat diberikan oleh desain responsif.

Sebagai Contoh Anda bisa melihat website http://stroppsworld.com/ dari smartphone dan Desktop Anda untuk dibandingkan.

Bagaimana menerapkan desain responsif

Bagaimana menerapkan desain responsif

Sekarang setelah Anda memahami apa itu desain responsif dan mengapa sangat penting bagi pemilik bisnis yang memiliki situs web, berikut adalah cara-cara singkat situs web responsif yang dapat memandu Anda dalam melakukan perubahan yang diperlukan pada situs Anda.

1. Mengadopsi grid fluida

Bertahun-tahun yang lalu, sebagian besar situs web dibuat berdasarkan pengukuran yang disebut piksel. Tapi sekarang, desainer telah beralih menggunakan grid fluida.

Kisi mengukur elemen situs Anda secara proporsional, bukan menjadikannya satu ukuran tertentu. Hal ini memudahkan saat mengukur sesuatu untuk layar yang berbeda: elemen akan merespons ukuran layar (yaitu, kisi), bukan ukuran yang ditetapkan dalam piksel.

Grid yang responsif sering kali dibagi menjadi beberapa kolom, dan tinggi serta lebarnya diskalakan. Tidak ada yang memiliki lebar atau tinggi tetap. Sebaliknya, proporsinya bergantung pada seberapa besar layarnya.

Anda dapat menetapkan aturan untuk kisi ini dengan mengubah CSS situs web Anda dan kode lainnya.

2. Izinkan layar sentuh

Hari-hari ini bahkan laptop dikirim dengan layar sentuh. Ini membuatnya penting untuk situs web responsif untuk dirancang dengan mempertimbangkan pengguna mouse dan layar sentuh.

Jika Anda memiliki formulir yang berisi menu tarik-turun pada tampilan desktop, pertimbangkan untuk mengatur gaya formulir ini sehingga lebih besar dan lebih mudah untuk ditekan dengan ujung jari pada perangkat layar sentuh. Selain itu, ingatlah bahwa elemen kecil (seperti tombol) sangat sulit untuk disentuh di ponsel cerdas, jadi coba terapkan gambar, ajakan bertindak, dan tombol yang ditampilkan dengan benar di semua layar.

3. Tentukan elemen apa yang akan disertakan di layar kecil

Desain responsif tidak berarti mereplikasi situs web Anda secara persis dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Anda mencari pengalaman pengguna terbaik, dan itu mungkin berarti Anda harus mengabaikan beberapa hal saat seseorang melihat situs Anda di layar yang sangat kecil.

Situs web responsif sering kali memadatkan menu atau opsi navigasi menjadi tombol yang dapat dibuka dengan sekali tekan. Menu mungkin ditampilkan diperluas pada layar besar, tetapi dapat dibuka melalui satu tombol di layar kecil.

Sekali lagi, Anda dapat menetapkan aturan untuk menyertakan atau mengabaikan elemen tertentu dengan memodifikasi CSS situs web Anda dan kode lainnya. Mungkin perlu waktu untuk menyiapkannya, tetapi pengunjung Anda akan sangat menghargainya!

4. Pikirkan tentang gambar

Ukuran gambar dapat menjadi salah satu aspek paling menantang dari desain web responsif. Anda perlu membuat aturan dalam CSS yang menentukan bagaimana gambar ditangani pada layar yang berbeda — apakah dibuat menjadi lebar penuh, atau dihapus, atau ditangani dengan cara yang berbeda.

5. Cobalah tema atau tata letak yang telah dirancang sebelumnya

Jika pada dasarnya Anda bukan seorang desainer, Anda mungkin memerlukan bantuan tambahan untuk mengubah situs Anda menjadi responsif. Kabar baiknya adalah bantuan tersedia.

Jika Anda tidak punya waktu atau keinginan untuk merancang sendiri situs web yang responsif, Anda dapat “menipu” dengan menggunakan tema atau tata letak yang telah dirancang sebelumnya yang sesuai untuk Anda. Artinya, yang perlu Anda khawatirkan hanyalah memperbarui warna, branding, dan konten agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Jika Anda menggunakan WordPress, ada banyak tema gratis dan berbayar yang tersedia dan responsif. Hal yang sama berlaku untuk banyak penyedia e-niaga terkemuka yang menawarkan tema di situs mereka.

Lihat juga Mengapa Desain Web Penting?.